Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Tumbuhan terna semusim yang berasal dari Amerika Tropik tahap utara (Meksiko), tinggi 3m hingga 5m tergantung varietasnya. Daun tunggal lebar. Batang biasanya ditumbuhi rambut kasar, tegak, jarang bercabang.

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan

Bunga tersusun majemuk. Tersedia dua jenis bunga: bunga tepi alias bunga lidah yang mengangkat satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga majemuk mengikuti pergerakan harian Matahari (asal nama flora ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Flora mendapat keuntungan 10% lebih gambarsintesis sebab pergerakan ini.

Buahnya bertipe buah kurung (achene). Buah kering berdinding agak keras dan tidak terlalu tebal ini tidak jarang disangka 'biji' bunga Matahari, sebab terbukti tidak bisa dengan mudah dibedakan. Biji yang sesungguhnya terletak di dalam, terlindung oleh buah yang serupa tempurung.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga Matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja.


  • Kelompok penghasil minyak, dikegunaaankan minyak bijinya. Biji kelompok ini mempunyai cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.
  • Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan alias pupuk hijau.
  • Kelompok tanaman hias, yang mempunyai warna kelopak yang bervariasi dan mempunyai tidak sedikit cabang berbunga,
  • Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.


Tumbuhan ini sudah dibudidayakan oleh orang-orang Indian Amerika Utara sejak ribuan tahun lalu. Selanjutnya tersebar ke Amerika Selatan dan menjadi salah satu sumber pangan bagi warga Inka. Seusai penaklukan oleh orang Eropa, bunga Matahari diperkenalkan ke Eropa dan beberapa penjuru dunia lainnya pada abad ke-16. Semenjak abad ke-17 bijinya dipakai dalam campuran roti alias diolah sebagai pengganti kopi dan cokelat. Pemakaiannya sebagai sumber minyak mulai dirintis pada abad ke-19.

Bunga Matahari mempunyai nama ilmiah Helianthus annuus Linn. Bunga matahari juga dikenal di beberapa daerah dengan nama bunga panca matoari, bunga teleng matoari, kembang sangenge, bungka matahari, dan beberapa nama lainnya. Tidak hanya adalah tanaman herba berusia pendek, apalagi ciri-ciri bunga ini ?

Bunga matahari mempunyai ciri umum diantaranya adalah batang tumbuh tegak setinggi yang bisa mencapai 3 meter. Daunnya lumayan lebar, berbentuk jantung. Bunga matahari sangat khas sebab ukurannya yang lebar, mahkota berwarna kuning, dan bentuknya keseluruhannya menyerupai matahari.

Hampir semua tahap dari tanaman bunga matahari mempunyai khasiat.

Bunga matahari mengandung echinocystic acid, oleanolic acid, quercimeritrin, dan lain sebagainya.

Kegunaaan dan Khasiat Bunga Matahari

  • Bunga matahari berkhasiat untuk menurunkan tekanan darah,serta adalah pereda nyeri alami. Oleh sebab itu bunga matahari bisa dipakai untuk mengurangi nyeri saat sakit gigi, sakit kepala, nyeri haid, dan nyeri lambung.
  • Biji bunga matahari berguna untuk menambah nafsu makan, menanggulangi kelesuan, dan meredakan sakit kepala.
  • Akar tanaman bunga matahari berguna untuk meluruhkan air seni, menanggulangi infeksi saluran kencing, batuk rejan, dan keputihan, dan bisa meredakan batuk, dan juga mengurangi rasa nyeri. Daunnya berkhasiat untuk meredakan radang, mengurangi nyeri, dan antimalaria.
  • Batang bunga matahari (bagian sumsumnya) bisa dipakai untuk menambah vitalitas, menolong kerja liver.

Manfaat Bunga Matahari Untuk Kesehatan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Acis lumbuk